Senin, 10 Januari 2011

Peran Dalam Keluarga


Kita semua memahami bahwa keluarga adalah unit masyarakat terkecil yang terorganisir terdiri dari ayah, ibu dan anak diatur oleh nilai-nilai sosial budaya yang berlaku dalam masyarakat.
Keluarga sebagai suatu unit artinya keluarga yang terdiri ayah, ibu dan anak-anak tidak merupakan sekumpulan orang melainkan suatu kesatuan hidup yang terpadu. Dalam pendidikan keluarga, orang tua kita mengemban tugas sebagai pendidik bagi anak-anaknya yang akan di didik di sekolah. Keluarga dengan cinta kasih dan pengabdian yang luhur membina keluarga kehidupan seorang anaknya.
Keluarga yang saya miliki adalah keluarga sederhana yang terdiri dari ayah, ibu, kakak dan adik saya. Ayah saya seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), sedangkan ibu saya seorang Ibu Rumah Tangga (IRT). Mereka merupakan orang tua yang memotivasi saya sampai saat ini. Kakak saya seorang Karyawan Swasta yang berumur 24 tahun dan sudah memiliki keluarga sendiri, dan adik saya yang baru duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berumur 12 tahun. Peran ayah saya disini merupakan tulang punggung keluarga, beliau sangat bertanggung jawab terhadap kewajibannya sebagai seorang ayah dan merupakan seorang ayah yang tegas. Saya sangat mengagumi ayah saya yang mempunyai visi dan misi untuk anak-anaknya dalam pendidikan. Ayah saya mempunyai visi dan misi “Anak saya harus bisa lebih tinggi pendidikannya dibanding saya dan harus bisa lebih sukses dari saya, dan saya akan melakukan apa saja untuk kebahagiaan anak dan istri saya”, itu merupakan visi dan misi ayah saya yang sangat saya kagumi sampai sekarang. Peran ibu saya merupakan Ibu Rumah Tangga yang sangat bertanggung jawab dalam kesehariannya, seorang ibu yang sabar dalam menghadapi berbagai masalah, dan seorang ibu yang sangat bijak dalam menyelesaikan suatu masalah. Kakak saya merupakan salah satu seseorang yang mengajari saya bagaimana dalam bersikap, dia tidak mengajari saya secara lisan namun dengan sikap dan tindakan yang dia lakukan. Dan dari situlah saya harus bisa mengajari adik saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar