Senin, 17 Maret 2014

Pengantar Komputasi Modern


Teori Komputasi
Komputasi adalah cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Teori komputasi merupakan suatu sub bidang dari ilmu komputer dan matematika. Dan biasanya komputasi dilakukan dengan menggunakan komputer.

Komputasi modern diciptakan berfungsi untuk memberikan kemudahan menghitung dalam keakuratan, keefesienan waktu, model, kompleksitas, dan volume data yang besar. Sebelum adanya komputasi modern, komputasi telah ada tapi dengan media yang berbeda (seperti : sempoa, menghitung menggunakan batu, dll). Seiring berkembangnya teknologi, komputasi yang dahulu masih menggunakan teknik manual di gabungkan menjadi 1 kesatuan dalam sebuah media yaitu yang kita kenal dengan sebutan "komputer". Sehingga zaman modern ini segala sesuatu yang berkaitan dengan hitungan dapat dihitung menggunakan media komputer tersebut.


Komputasi Dalam Berbagai Bidang
Dan sekarang komputasi juga diterapkan dalam berbagai bidang, antara lain :

1. Matematika
Terdapat numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah - masalah matematika.


2. Bidang Fisika 
Terdapat Computational Physics yang mempelajari algoritma numerik untuk memecah kan teori kuantitatif fisika yang ada.


3. Bidang Kimia 
Terdapat Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk  membantu menyelesaikan masalah kimia, contohnya penggunaan super komputer untuk menghitung struktur dan sifat molekul.


4. Bidang Ekonomi
Terdapat Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.


5. Bidang Geologi 
Pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah.


6. Bidang Geografi 
Terdapat penggunaan komputasi yang diterapkan pada GIS (Geographic Information System) yang berguna untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisa informasi geografi.


7. Bidang BIologi
Terdapat Bioinformatics merupakan aplikasi dari teknologi informasi dan   ilmu komputer dalam penelitian bidang biologi molekuler.

8. Bidang Sosiologi
Terdapat Computational Sosiology yaitu penggunaan metode komputasi dalam menganalisa fenomena sosial.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar